Wujudkan Komitmen Bantu Masyarakat, Yayasan BPI Gelar Aksi Donor Darah

Kembali ke Beranda

Wujudkan Komitmen Bantu Masyarakat, Yayasan BPI Gelar Aksi Donor Darah

East2West Property News - Komitmen Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) untuk menggalakan kegiatan sosial kemanusiaan kembali diwujudkan. Kali ini melalui Yayasan Broker Properti Indonesia (BPI), digelar aksi donor darah di Intiland Tower, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pada Selasa (11/07/2023).

Kegiatan ini, merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility atau CSR yang dimiliki AREBI dengan nama AREBI Care. 

Dalam kegiatan donor darah ini, AREBI menggandeng sejumlah pihak seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, Intiland Tower, Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur, Bank BTN dan Kimia Farma.

Antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan donor darah begitu besar. Hal tersebut terlihat dari banyak masyarakat yang sudah memenuhi area donor darah sejak pagi hari.

Masyarakat yang ingin melakukan donor darah wajib melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui riwayat penyakit yang diderita. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan berupa tekanan darah serta pengecekan golongan darah. Setelah lolos skrining maka kemudian akan diambil darah yang akan ditransfusikan. Untuk kantong darah yang terkumpul di targetnya sebanyak 150 kantong darah.

Selain donor darah, di waktu bersamaan juga digelar cek kesehatan dan gigi secara gratis. Untuk cek kesehatan meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat

Ketua Umum AREBI Lukas Bong mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan dan tidak menutup kemungkinan, kedepan kegiatan yang penuh manfaat tersebut akan dilangsungkan dua kali dalam setahun

“Sebenarnya AREBI Care ini kita sudah bergerak di bidang kemanusiaan. Kita banyak memberikan dana atau donasi untuk bencana alam dan sebagainya. Untuk yang donor darah baru kita galakan di tahun kedua. Tapi sebenarnya sudah sering dilakukan oleh DPD-DPD kami, seperti di Banten, DKI dan beberapa daerah lainnya,” kata Lukas.

Lukas berharap, kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa donor darah ini penting baik untuk Kesehatan pendonornya maupun untuk yang membutuhkan.

“Harapan kita tentunya masyarakat semakin aware, semakin sadar untuk mendonorkan darahnya. Karena kita tahu ini bukan tugas PMI saja tapi tanggung jawab dari seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan atau mendonor darahnya kepada yang membutuhkan. Kadang-kadang PMI sering kekurangan darah di saat-saat tertentu. Ini saatnya kita membantu darah anda menyelamatkan sesama,” harap Lukas.

Hal senada juga disampaikan Ketua Yayasan BPI Sulihin Widjaja. Ia menjelaskan Yayasan BPI merupakan Yayasan bentukan AREBI yang bergerak di bidang social. Kegiatan social kemanusiaan yang paling banyak dilakukan Yayasan BPI adalah memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Namun keadaannya Yayasan BPI siap untuk memenuhi permintaan PMI agar kegiatan donor darah dapat digelar rutin dalam satu tahun.

“AREBI itu mempunyai Yayasan namanya Yayasan Broker Properti Indonesia, Yayasan ini bergerak di bidang social. Nah bidang sosial. Kami sebenarnya sudah bergerak cukup lama, terutama bencana, bantuan sosial, kekurangan pangan dan segala macam. Nah untuk donor darah ini seperti yang disampaikan Ketua Umum AREBI sampaikan ini adalah yang kedua kali, tetapi PMI sudah meminta kita untuk regular, setiap tiga bulan kita harus menggelar kegiatan yang serupa,” kata Sulihin.

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Yendy Yap yang juga sebagai Kabid AREBI Care mengucapkan terima kasih kepada AREBI yang mengajak berkolaborasi untuk menggelar kegiatan donor darah. Penggalangan kantong darah, menurut Yendy sangat penting karena dapat membantu ketersediaan darah di PMI.

“Donor darah itu penting dan banyak orang yang membutuhkan. Saya berharap kegiatan kali ini dapat memenuhi stok darah di PMI. Selain donor darah, kita juga suka melakukan bakti sosial dan kegiatan lainnya di Jakarta,” ujar Yendy.

Ucapan terima kasih kepada AREBI juga disampaikan Property General Manager Intiland Tower Babay Saubariyah. Ia berharap kegiatan donor darah hari ini dapat menjadi pencetus digelar kegiatan yang serupa secara berkala.

“Saya mewakili dari Intiland, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi pada hari ini, sehingga terselenggaranya acara donor darah dan cek kesehatan lainnya yang diperuntukan bukan saja bagi anggota AREBI namun kita sebagai penyewa dan karyawan dapat mengikuti donor darah ini,” ungkap Babay.

“Perlu disampaikan juga kita di Intiland sebelum masa pandemi, ini adalah salah satu acara penyelenggaraan dari Intiland peduli secara regular tiga bulan sekali, namun memang pada masa pandemi kita sempat terhenti. Mudah-mudahan kedepan kita akan jalankan lagi secara regular,” tambahnya.

Sumber : El Jhon News

Dapatkan Informasi Terbaru